Emery: Terkadang Kita Harus Provokasi Penggawa Sendiri

Pelatih Arsenal, Unai Emery, ternyata kerap memprovokasi anak asuhnya. Dia beranggapan cara itu bisa menghantarkan sang bintang menunjukkan kualitas terbaik.

“Di waktu-waktu tertentu, Kamu mesti memprovokasi pemain sepakbola. Dari gesekan tersebut, Kamu bisa mendapat sesuatu yang lebih melalui mereka, sesuatu di dalam, ambisi yang setingkat lebih besar ataupun malahan mungkin keluhan. Keluhan soal team bisa positif,” tutur Emery pada Soccerway.

Media-media Inggris sebelumnya mengabarkan jika Emery memprovokasi gelandangnya, Mesut Ozil. Lebih lanjut, Emery pun tidak sering menurunkan lelaki dari Jerman tersebut.

Meskipun begitu, menurut Emery, hal menurut itu telah terbiasa dia kerjakan. Dia merasa butuh memprovokasi pemain buat menghantarkan mereka menunjukkan performa terbaik di arena pertandingan.

“Sebagai seorang pelatih, Kamu mesti berhati-hati sebab gesekan itu bisa memutus hubungan. Namun aku yakin untuk terus menggali lebih dalam, baik dengan cara pribadi mau pun kolektif, dengan percakapan yang nyaman, namun juga dengan percakapan yang tidak begitu nyaman.”

“Pada akhirnya, hal inti dengan bintang sepakbola mana pun ialah kemampuan mereka dimanfaatkan untuk memberikan manfaat untuk team. Sebagai seorang pelatih, Kamu mesti mendapat hasil maksimal dari pemain tersebut dan di waktu yang sama memastikan jika dia cocok dengan yang lain, hingga seluruh bintang menjadi setingkat lebih bagus,” tutur ia.

Ozil sendiri telah memperkuat Arsenal di dalam enam belas laga di seluruh kampanye musim ini. Dia pun menyumbang 4 goal serta 2 assist.

Leave a Reply

Your email address will not be published.